Rabu, 24 Juni 2020

GELIAT LITERASI

Geliat Literasi “Students Dream” Inovasi Tiada Henti

di Kampus Bermartabat SMA N 1 Payakumbuh

 

Kegiatan literasi di sekolah kami sudah berlangsung sejak lama. Jauh sebelum literasi menjadi program nasional. “Student Dream” salah satu bentuk program literasi sekolah yang sudah kami rintis semenjak tahun 2012. “Student Dream” merupakan kegiatan khusus siswa kelas XII yang mengeksploitasi minat, bakat dan cita-cita peserta didik dengan potensi dan pashion masing-masing. Terutama dalam memilih perguruan tinggi yang di impikan sesuai kerja keras, kesungguhan dan doa yang selalu di panjatkan.

Kegiatan literasi ini berawal dari munculnya sebuah ide untuk membantu siswa agar bisa diterima lebih banyak di perguruan tinggi negeri favorit di seluruh Indonesia. Begitu tingginya antusias siswa kelas XII saat itu sehingga pihak sekolah harus menyediakan waktu satu minggu untuk menfasilitasi mereka mempresentasikan tulisannya. Dalam presentasi yang di lakukan di aula sekolah para siswa kelas XII di dampingi oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan guru BK.

Program “Student Dream” di susun oleh siswa secara perorangan, kegiatan ini di laksanakan di bulan desember setelah ujian semester satu berlangsung. Setiap siswa kelas XII di wajibkan menyusun makalah sendiri, dengan bimbingan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Makalah yang disusun berisi uraian cita-cita, perguruan tinggi yang diminati meliputi kelebihan dan kekurangan masing-masing perguruan tinggi. Serta memuat alasan mengapa mereka memilih perguruan tinggi tersebut. Di bahas juga peluang kerja yang bisa mereka raih setelah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi itu.

Program “Student Dream” ternyata sangat membantu menumbuhkan dan meningkatkan minat baca sekaligus menulis siswa. Siswa termotivasi menggali berbagai informasi dari berbagai sumber untuk mengeksploitasi perguruan tinggi yang mereka inginkan. Setelah makalah disusun dan dijilid maka makalah tersebut dikumpulkan ke guru bahasa Indonesia masing-masing. Untuk selanjutnya di koreksi oleh guru dan di kembalikan ke siswa jika ada bagian yang harus diperbaiki. Tahapan berikutnya setelah di perbaiki oleh siswa, makalah tersebut dikumpulkan kembali untuk di seleksi lima terbaik untuk masing-masing kelas.

Lima makalah terbaik ini akan di presentasikan di depan seluruh siswa kelas XII. Dalam penyampaian makalah, masing-masing pemakalah diberi waktu lima belas menit. Setelah presentasi, dibuka sesi tanya jawab antara pemakalah dengan audien. Pada sesi ini pemakalah akan memaparkan kelebihan berikut peluang kerja yang akan dapat diraihnya dengan memilih perguruan tinggi yang diminatinya. Di akhir sesi akan ada ulasan dari guru BK, terkait dengan makalah yang telah di presentasikan. Kegiatan ini biasanya menghabiskan waktu lebih kurang satu minggu. Karena banyaknya jumlah rombel, dan rata-rata siswa memilih perguruan tinggi yang berbeda.

Pembukaan kegiatan “Student Dream”di aula SMA N 1 Payakumbuh











Program “Student Dream” ini sudah berjalan selama enam tahun di sekolah kami, dan hasilnya sungguh diluar dugaan. Apa yang awalnya kami rasakan begitu berat dikala harus memaksa siswa kelas XII untuk melahirkan sebuah karya tulis yang baik dan representatif, ternyata melahirkan buah yang manis, program ini dapat menghantarkan ratusan bahkan telah ribuan bila di hitung semenjak tahun 2012, banyak siswa siswi kami dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan cita-cita mereka. Program ini telah menjadi ikon sekolah kami, dan akan terus kami jalankan karena satu-satunya SMA N yang mempunyai program pengiat literasi di Payakumbuh adalah sekolah kami, SMA N 1 Payakumbuh.

 








 

 

 

 

 


 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 













 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar